Ada hati yang laksana ‘Arasy Allah, ada hati yang laksana Arasy Setan
Makhluk yang paling suci, paling bersih, [1] paling bercahaya, paling mulia, paling tinggi dzat dan kedudukannya, serta paling luas adalah ‘Arasy; singgasana Allah yang Maha Pengasih. Oleh karena itu, layaklah jika ‘Arasy dijadikan tempat bersemayam bagi-Nya.
Apa pun yang posisinya sangat dekat dengaan ‘Arasy pasti
lebih bercahaya, lebih suci dan lebih mulia daripada sesuatu yang posisinya
jauh dari darinya. Oleh sebab itulah, Surga Firdaus disebut sebagai Surga yang
paling tinggi, paling mulia, paling bercahaya, dan paling agung; karena memang
posisinya paling dekat dengan ‘Arasy, bahkan ‘Arasy adalah atapnya.[2] Dan, apa
pun yang posisinya sangat jauh dari
‘Arasy, maka ia sangat gelap dan sangat sempit. Oleh karena itu, tempat
orang-orang yang paling rendah adalah tempat yang paling buruk, paling sempit
dan paling jauh dari segala kebaikan.
Allah Ta’ala menciptakan hati dan menjadikannya sebagai
tempat bersemayamnya sifat mengenal, mencintai dan menginginkan Allah. Dengan
demikian, hati laksana ‘Arasy atau singgasana bagi sifat-sifat yang sangat
mulia tersebut, yaitu sifat mengenal Allah, mencintai-Nya dan menginginkan-Nya
Subhanahu wa Ta’ala.
Allah Ta’ala berfirman:
لِلَّذِينَ
لَا يُؤْمِنُونَ بِالْآخِرَةِ مَثَلُ السَّوْءِ ۖ
وَلِلَّهِ الْمَثَلُ الْأَعْلَىٰ ۚ وَهُوَ الْعَزِيزُ
الْحَكِيمُ
“Orang-orang yang
tidak beriman kepada kehidupan akhirat, mempunyai sifat yang buruk; dan Allah
mempunyai sifat yang Maha Tinggi; dan Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha
Bijaksana.” (Q.S An-Nahl: 60).
Allah Ta’ala juga berfirman:
وَهُوَ
الَّذِي يَبْدَأُ الْخَلْقَ ثُمَّ يُعِيدُهُ وَهُوَ
أَهْوَنُ عَلَيْهِ ۚ وَلَهُ الْمَثَلُ
الْأَعْلَىٰ فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ
ۚ وَهُوَ الْعَزِيزُ
الْحَكِيمُ
“Dan Dialah yang memulai penciptaan, kemudian mengulanginya
kembali, dan itu lebih mudah bagi-Nya. Dia memiliki sifat yang Maha Tinggi di
langit dan di bumi. Dan Dialah Yang Maha Perkasa, Maha Bijaksana.” (Q.S Ar-Rum:
27).
Allah Ta’ala berfirman pula:
لَيْسَ
كَمِثْلِهِ شَيْءٌ ۖ وَهُوَ
السَّمِيعُ الْبَصِيرُ
“Tidak ada sesuatu pun yang serupa dengan Dia. Dan Dia Yang
Maha Mendengar, Maha Melihat.” (Q.S Asy-Syura: 11).
Sifat mengenal, mencintai, dan menginginkan Allah ini
termasuk dalam konteks al-matsalul a’la atau sifat yang sangat mulia. Sifat
inilah yang bersemayam di hati seorang mukmin sejati, sehingga hatinya menjadi
‘Arasy atau tempat bersemyam bagi sifat tersebut.
Seandainya saja hati tidak menjadi bagian yang paling
bersih, yang paling suci, yang paling baik, dan yang paling jauh dari segala
kotoran dan segala hal yang menjijikkan, maka ia sudah tidak layak lagi menjadi
tempat persemayaman sifat-sifat yang amat mulia, yaitu mengenal Allah,
mencintai Allah, dan menginginkan Allah. Sebaliknya, yang bersemayam di
dalamnya ialah sifat-sifat yang terendah (sifat-sifat yang bersifat duniawi);
seperti mencintai duniawi, menginginkannya. Akibatnya, hati menjadi sempit, gelap
dan jauh dari kesempurnaan dan keberuntungan.
Berdasarkan penjelasan di atas, dapat kita ketahui bahwa
hati itu terdiri dari dua macam.
Pertama: Hati yang laksana ‘Arasy Allah Yang Maha
Penyayang;[3] di mana di dalamnya terdapat cahaya, kehidupan, kegembiraan,
kebahagiaan, kecerahan, dan perbendaharaan segala kebaikan.
Kedua: Hati yang laksana ‘Arasy Syaitan; di mana di sanalah
tempat kesempitan, kegelapan, kematian, kesusahan, kesedihan, dan kecemasan;
dan orang yang mempunyai hati semacam ini akan merasa sedih karena peristiwa
yang lalu, cemas dengan apa yang akan menimpaa dirinya di masa mendatang, dan
resah terhadap apa yang sedang menimpanya kini.[4]
At-Tirmidzi[5] , beserta ulama yang lainnya, meriwayatkan
satu hadits dari Nabi Shallaallaahu ‘alaihi wa sallam bahwasanya beliau
bersabda:
((إذا دخل النور القلب
انفسح وانشرح.)) قالوا : فما علامة
ذلك يا رسول الله؟
قال: ((الإنابة إلى دار
الخلود، والتجافي عن دار الغرور
، والاستعداد للموت
قبل نزوله.))
“Jika cahaya telah merasuk hati niscaya hati itu akan merasa
lega dan lapang.” Para Sahabat bertanya: “Apakah tanda-tanda yang demikian,
wahai Rasulullah?” Beliau menjawab: “Kembali ke negeri abadi (akhirat),
menjauhkan diri dari negeri tipu daya (dunia), dan mempersiapkan diri untuk
menghadapi kematian sebelum waktunya tiba.”
Cahaya yang merasuk ke dalam hati adalah salah satu pengaruh
dari sifat yang paling mulia tersebut. Oleh karena itu, hati pun menjadi luas
dan lapang setelah dimasuki cahaya tersebut. Apabila di dalam hati itu tidak
ada sifat mengenal dan mencintai Allah, pasti yang ada hanyalah kegelapan dan
kesempitan.
——————————————————————–
[1] Pada sebagian naskah, yang tertulis adalah lafazh وأظهرها “yang paling jelas”. Tapi boleh jadi redaksi
yang kami cantumkan di atas (paling suci) lebih valid.
[2] Sebagaimana dinyatakan dalam sebuah hadits:
(( فإذا
سألتم الله فسلوه الفردوس
، فإنه أوسط
الجنة و أعلى الجنة
، و فوقه
عرش الرحمن ،و منه
تفجر أنهار الجنة.))
“Maka apabila kamu memohon kepada Allah, mohonlah Surga
Firdaus, karena Surga Firdaus itu adalah surga yang paling tengah dan paling
tinggi. Di atasnya terdapat ‘Arasy Ar-Rahman. Dan dari surga itulah,
sungai-sungai dialirkan.” (HR. Al-Bukhari [no. 7423])
[3] Maksudnya ialah hati yang menjadi tempat bersemayamnya
sifat-sifat yang sangat mulia dan agung, yaitu yang mengenal-Nya,
mencintai-Nya, dan menghendaki-Nya; seperti yang telah diterangkan oleh
penulis.
[4] Penulis menjelaskan perbedaan ketiga kalimat ini dalam
halaman 60, pada pembahasan Aqidah dan Tauhid.
[5] Hadits ini tidak terdapat di dalam Sunan at-Tirmidzi.
Syaikh kami, al-Albani, mengisyaratkan hal itu di dalam kitab as-Silsilatudh
Dha’ifah (II/387), lantas beliau menelusurinya secara panjang lebar dan
menjelaskan kedha’ifannya. Lihat pula Miftah Daaris Sa’adah (I/464) –dengan
tahqiq dan ta’liq saya– karya Ibnul Qayyim.
Referensi:
Diketik ulang dari kitab Fawāidul Fawā`id karya Ibnu Qayyim
al-Jauziyyah –rahimahullah–
0 komentar:
Posting Komentar